4 Kesalahan Yang Sering Dialami Ketika Membeli Rumah

Kesalahan Yang Sering Dialami Ketika Membeli Rumah

Ada banyak langkah yang harus dilakukan ketika akan membeli rumah seperti membeli secara kontan maupun kredit. Apapun pilihannya yang jelas semuanya berujung pada satu sumber yang sangat menentukan yaitu kondisi keuangan. Banyak kesalahan yang dilakukan sebagian orang ketika akan membeli rumah terutama secara kredit, faktor emosional dan perhitungan yang kurang matang malah membuat tambahan beban hidup. Dalam tulisan kali ini kami memberikan beberapa hal yang harus dihindari saat anda memutuskan akan mengajukan kredit rumah.

Tidak Membuat Perencanaan Anggaran

Godaan membeli rumah terkadang menjadi suatu hal yang dominan dibandingkan harus membuat rencana anggaran keuangan terlebih dahulu. Banyak penawaran properti rumah yang menggiurkan menjadi salah satu faktor yang membuat orang tiba-tiba memutuskan secara cepat untuk membelinya. Seharusnya sebelum memutuskan untuk kredit rumah perlu dibuar perencanaan yang matang mengenai kekuatan finansialnya. Hal itu menyangkut pengeluaran yang memang harus dipenuhi untuk kehidupan sehari-hari serta biaya kesehatan maupun pendidikan. Suatu keputusan yang tidak bijaksana jika menggunakan pos anggaran yang sudah ditetapkan dalam rencana sebelumnya untuk alokasi pembelian rumah. Tindakan tersebut akan membuat efek negatif karena yang seharusnya dipenuhi menjadi dikurangi bahkan dihilangkan.

Salah Menentukan Tipe Rumah

Membeli rumah adalah untuk kenyamanan dan keamanan penghuninya dengan jangka waktu yang lama. Oleh karena itu sebelum membeli rumah sebaiknya mencari informasi terlebih dulu mengenai tempat tinggal yang cocok atau sesuai. Suatu tindakan yang berlebihan jika membeli rumah besar dengan ruangan dan kamar banyak padahal penghuninya hanya beberapa orang saja. Selain pemborosan juga akan banyak ruangan tidak berfungsi dengan semestinya sehingga tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal. Berdiskusilah dengan orang lain agar mendapatkan gambaran yang tepat tentang rumah yang seharusnya dibeli. Semakin banyak informasi yang didapatkan bisa menjadi bahan pertimbangan sehingga mendapatkan keputusan yang terbaik

Salah Memilih Lokasi

Harga murah dan bentuk rumah menarik membuat orang tidak memperhitungkan masalah lokasinya. Lokasi rumah menentukan kenyamanan pada penghuninya oleh karena itu perlu dipertimbangkan pula mengenai hal tersebut. Lokasi rumah yang baik adalah dekat dengan beberapa fasilitas umum seperti sekolah, pertokoan, rumah sakit, arena bermain, dan masih banyak lagi. Akses transportasi umum yang mudah juga menjadi bagian yang harus dipertimbangkan. Selain itu juga masalah sosial lingkungan sekitarnya bisa menjadi bahan pertimbangan ketika akan membeli sebuah rumah sebagai tempat hunian tetap. Kehidupan sosial bertetangga akan menjadi suatu hal yang paling mempunyai efek baik maupun buruk. Oleh sebab itu perlu penjajakan terlebih dulu mengenai lingkungan lokasi rumah yang akan dibeli.

Salah Memilih Pengembang Perumahan

Secara umum telah diketahui bahwa bisnis properti merupakan usaha yang sangat menguntungkan dengan mencari selisih laba dari properti dan harga jual. Masih ditambah minat terhadap rumah sebagai tempat tinggal masih tinggi yang menjadi banyak orang masuk kedalam dunia properti. Mengingat tren tersebut sebagai calon pembeli rumah sebaiknya jangan mudah terkesima dan terpukau dengan bentuk atau model rumah yang menarik tapi mengabaikan kualitas kekuatan bangunan itu sendiri. Seorang teman pernah membeli rumah yang harganya juga tidak terbilang murah dan mempunyai model yang “modern” dan terlihat menarik. Namun setelah menempati belum genap 1 tahun beliau harus mengeluarkan hampir dari setengah harga beli rumah itu untuk renovasi. Hal itu disebabkan beberapa bagian dari rumah sudah mengalami kerusakan seperti dinding tembok pecah, eksterior batu dinding lepas, kualitas kayu jelek sehingga cepat lapuk, instalasi listrik yang dikerjakan apa adanya, dan masih banyak lagi. Mengingat hal itu maka sebelum kredit rumah sebaiknya ketahui terlebih dulu reputasi pengembang perumahan yang mengerjakan pembangunannya. Itu untuk mengantisipasi kerugian karena harus mengeluarkan biaya lebih guna memperbaiki rumah yang telah dibelinya itu.

Beberapa hal diatas tersebut adalah kesalahan-kesalahan yang banyak dijumpai ketika memutuskan membeli rumah. Oleh sebab itu pengetahuan manajemen keuangan serta dalam memilih rumah menjadi suatu hal yang penting dan berguna meminimalisir kerugian secara finansial. Perlu diingat bahwa rumah adalah tempat tinggal yang sesuai dengan kebutuhan penghuninya. Kenyamanan, keamanan, dan kekuatan bangunan rumah menjadi faktor utama yang harus dipertimbangkan karena rumah sebagai tempat tinggal akan digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *